Rabu, 29 September 2010

AWAS ... KEPRIBADIAN BERACUN ADA DISEKITAR ANDA

KENALI DIRI DAN TEMAN-TEMAN DISEKITAR ANDA  

Sangat menyenangkan jika kita dikelilingi orang-orang yang berpendidikan, bahagia, dan sehat secara mental. Namun, tanpa sadar hal itu sebenarnya juga tidak mudah diperoleh. Brett Blumenthal, dalam blog nya menulis, terkadang perasaan bahagia yang muncul dalam diri kita bisa dengan mudah nya dihapus oleh seseorang yang tiba-tiba hadir dan membawa pengaruh buruk. Bisa jadi, ketika anda adalah orang yang sangat positif, kemudian tiba-tiba merasa negatif, begitu seseorang yang spesifik hadir di dekat anda. Atau, anda adalah orang yang begitu ideal melihat kehidupan, lalu berubah menjadi merasa sangat bodoh, unrealistik atau seorang pemimpi, ketika berada di dekat seseorang tertentu. Kasus yang lain adalah, ketika anda merasa bangga dengan kepribadian anda yang mandiri dan pandai mengendalikan diri, kemudian saat salah seorang anggota keluarga ada di dekat anda, tanpa sadar anda telah terseret dalam memori masa kecil.Kejadian yang telah saya sebutkan di atas benar-benar ada, dan ya, beberapa orang memang dapat memberikan pengaruh buruk untuk kehidupan kita. Ya,  Kita semua memang manusia, yang memiliki kasus nya masing-masing, dan ya, beberapa kasus itu akan menjadi racun. racun bagi kebahagiaan,kesehatan mental,kepribadian, dan kehidupan kita. Mereka dapat menyedot habis energi kehidupan kita juga dapat memperpendek jangka hidup kita. Mungkin saja kan?


Brett Blumenthal membagi beberapa tipe kepribadian yang menurut nya beracun bagi kehidupan kita, yaitu :

1. Manipulative Mary: orang ini sangat ahli dalam membuat taktik yang manipulatif. kenyataan nya anda tidak akan merasa bahwa anda telah dimanipulasi oleh nya, hingga semua sudah terlambat. orang dengan tipe ini mengerti benar tentang anda, dan bagaimana menggunakan anda untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. kenapa mereka beracun? karena orang ini memiliki cara untuk mengambil semua keyakinan diri anda. kepercayaan diri anda. mereka selalu bisa mencari cara agar anda melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak perlu anda lakukan. dan sebelum anda menyadari nya, anda sudah kehilangan identitas anda, kehilangan prioritas utama anda, dan kehilangan kemampuan anda untuk melihat kebenaran. tiba-tiba mereka lah yang menjadi pusat dari segalanya. 

2. Narcissistic Nancy: orang ini memiliki rasa kepentingan yang tinggi untuk diri mereka sendiri. mereka percaya bahwa dunia berputar untuk mereka. terkadang, tipe ini tidak sehalus cara-cara yang dilakukan orang tipe 1, namun mereka cenderung lebih memaksa kan keinginan nya. hingga kadang-kadang anda akan berkata, bahwa tidak semua nya harus tentang kamu, kepada mereka. mengapa mereka beracun? karena orang ini sangat fokus dengan keinginan mereka hingga membiarkan kebutuhan anda begitu saja. mereka akan meninggalkan anda dalam keadaan kecewa dan kosong. lebih jauh lagi, mereka bisa menghilangkan energi anda, memaksa anda untuk fokus pada mereka saja, sehingga akhirnya anda tidak memiliki apapun untuk diri anda sendiri.

3. Debbie Downers: orang semacam ini tidak dapat menghargai apapun yang positif dalam hidup. Jika anda katakan padanya bahwa hari ini indah, mereka akan mengatakan hal yang sebaliknya. jika anda merasa kesulitan tentang ujian mid-term, mereka akan katakan pada anda seperti apa susahnya ujian akhir nanti. Mengapa mereka beracun? karena mereka mengambil setiap kebahagiaan dari apapun. kehidupan bahagia yang anda rasakan akan berjalan secara negatif. dan sebelum anda mengetahuinya, mereka akan membuat anda mulai merasa bahwa hidup ini warna nya abu-abu, tidak lagi berwarna-warni seperti pelangi.

4. Judgmental Jims: jika sesuatu nampak lucu dan unik, mereka akan melihatnya sebagai sesuatu yang aneh dan tidak menarik. jika menurut anda berbeda pendapat itu unik, maka mereka kan katakan bahwa itu sebuah kesalahan. jika anda tertarik dengan seseorang yang punya cara bicara unik, menurut mereka itu sesuatu yang mengganggu dan buruk. mengapa mereka beracun? tipe 4 ini hampir sama dengan tipe 3. di dunia yang penuh kebebasan ini, penghakiman atas sesuatu akan merupakan hal yang sangat berlebihan. dan menghabiskan waktu dengan orang-orang yang seperti ini akan mudah membentuk kepribadian mu menjadi seseorang yang suka menghakimi orang lain. 

5. Dream Killing Keiths: Setiap kali anda memiliki ide, orang tipe ini akan mengatakan segala alasan mengapa anda tidak dapat melakukan nya. mereka dengan mudah merendahkan semua pencapaian anda. mereka lah orang pertama yang akan mengatakan bahwa anda tidak mungkin dapat mewujudkan impian-impian anda. mengapa mereka beracun? karena orang yang seperti ini terjebak pada apa yang tidak bisa dan bukan pada apa yang bisa dilakukan. mereka ini akan menghancurkan kepercayaan anda pada diri anda sendiri. kemajuan dan perubahan dalam hidup hanya akan terjadi ketika kita berani melakukan sesuatu yang baru dan berinovasi, berani memimpikan hal-hal yang tidak mungkin, dan berani meraih bintang.

6. Insincere Illissas: Berhadapan dengan orang ini, anda tidak pernah bisa menemukan ketulusan nya. saat anda menceritakan sesuatu yang lucu, mereka tertawa dengan sinis. saat anda merasa down, mereka hanya sekedarnya saja memberikan respon. saat anda mengatakan bahwa anda sesuatu telah membuat anda merasa bersemangat, mereka hanya memberikan "oya?". lalu pergi meninggalkan anda. mengapa mereka beracun? karena orang-orang yang tidak tulus hanya akan memberikan anda hubungan yang dibuat-buat. hubungan yang demikian tidak baik untuk kesehatan anda. ketika anda benar-benar membutuhkan kehadiran seorang teman, bisa dipastikan mereka tidak akan ada disana untuk anda. saat anda membutuhkan sebuah kritik dan saran yang membangun, mereka hanya akan mengatakan bahwa anda adalah anda. ketika anda membutuhkan dukungan, mereka lebih senang melihat anda jatuh dan membuat diri anda nampak bodoh. 

7. Disrespectful Dannys: orang-orang ini dapat mengatakan apapun dan melakukan apapun, secara tidak tepat dengan cara yang juga tidak layak. mungkin mereka ini adalah orang-orang yang suka membuat orang lain merasa tertekan. mereka adalah orang yang pernah anda percayai dan akan menggunakan rahasia yang telah anda berikan pada mereka untuk mendapatkan keuntungan dari anda. bisa jadi, mereka ini juga adalah salah satu anggota keluarga yang akan senang hati ikut campur dengan setiap urusan anda, meski anda tidak memintanya. atau, mungkin saja mereka adalah salah seorang kolega yang senang sekali menyodorkan kata-kata yang kasar pada anda. mengapa mereka beracun? karena orang dengan tipe ini tidak memiliki sense of boundaries. mereka tidak menghargai perasaan anda, bahkan privasi anda. orang-orang seperti ini akan membuat anda merasa tertekan dan tidak dihargai.

8. Never Enough Nellies: untuk orang tipe ini, apapun yang anda lakukan tidak pernah cukup untuk membuat mereka merasa bahagia. mereka sangat bergantung pada anda dan juga memiliki harapan-harapan yang jauh dari realistis terhadap anda. mereka selalu menemukan cara untuk meletakkan setiap kesalahan pada anda dan tidak pernah mau mengambil tanggung jawab untuk diri mereka sendiri. mengapa mereka beracun? karena jika anda menghabiskan waktu anda hanya untuk membuat orang dengan tipe ini merasa puas, pada akhirnya anda hanya akan kehilangan harga diri. mereka meminta seluruh energi anda, seluruh waktu anda, membiarkan anda terluka dan kebutuhan anda menjadi tidak terpenuhi. 

Semua tipe yang telah disebutkan diatas memiliki beberapa kesamaan:1. semakin mudah mereka mendapatkan sesuatu dengan cara mereka, mereka akan terus melakukan nya 2. sayang nya mereka tidak sadar bahwa apa yang mereka lakukan itu salah dan mencoba untuk mengatakan nya hanya akan membuat anda merasa bahwa anda lah yang salah. 3. kebanyakan orang-orang ini semakin parah saat mereka bertambah usia, seiring dengan waktu, akan memperkuat pengaruh mereka terhadap anda. 

Tapi kawan, sadarlah. hidup terlalu singkat jika kamu hanya menghabiskan waktu mu untuk racun-racun itu. sebisa mungkin, hindari saja bergaul dengan orang-orang yang memiliki iri-ciri seperti 8 kepribadian di atas. aku yakin, kamu pasti akan merasa lebih bahagia. Semoga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar